Penyakit Usus Buntu Dan Ciri-Cirinya

Posted By dederusdiamanwe on Thursday, November 3, 2016 | 8:10 PM

Penyakit usus buntu adalah peradangan atau pembengkakan apendiks atau usus buntu. Sedangkan usus buntu adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.
Usus buntu menyebabkan rasa yang sangat nyeri di perut, biasanya di sebelah kanan. Jika peradangan semakin berat, umbai usus buntu itu dapat pecah dan menyebabkan isi usus menyebar ke seluruh perut bagian bawah. Kejadian ini disebut dengan radang selaput perut. Biasanya jalan terakhir untuk menangani usus buntu adalah dengan mengoperasinya. 
Penyebab penyakit ini belum diketahui dengan pasti, sehingga pencegahannya juga belum diketahui. Meski demikian, sebagian besar apendisitis diperkirakan terjadi akibat tersumbatnya 'pintu masuk' menuju usus buntu oleh:
  • Tinja. 
  • Kelenjar getah bening yang membengkak dalam dinding usus. Pembengkakan ini biasanya berkembang setelah terjadi infeksi saluran pernapasan atas.
Lainya :


Penyumbatan tersebut akan menyebabkan terjadinya inflamasi dan pembengkakan. Tekanan akibat pembengkakan akan memicu pecahnya usus buntu. Jika penyakit radang usus buntu tidak diobati, maka usus buntu bisa semakin membengkak dan akhirnya bisa pecah (meledak), dan membuat isinya menyebar ke seluruh rongga perut sehingga berpotensi menyebabkan infeksi yang luas dan mengancam nyawa. Dengan demikian, sangat peting untuk mengetahu ciri-ciri atau gejala awal penyakit usus buntu 

Berikut Ciri dan Gejala Penyakit Usus Buntu dalam sebuah video berikut ini


Jika dirasa ada gejala yang nampak seperti diatas berlangsung secara bersamaan maka harus cepat diwaspadai dan segera memeriksakan diri ke dokter, karena dengan melakukan langkah awal sebelum bertambah parah, lebih baik segera melakukan pemeriksaan agar dapa ditangani dengan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat, sekian artikel tentang Penyakit Usus Buntu Dan Ciri-Cirinya.
Blog, Updated at: 8:10 PM