Inilah 6 Gejala Penyakit Kanker Paru Paru Yang Wajib Di Waspadai

Posted By dederusdiamanwe on Monday, November 7, 2016 | 6:55 PM

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling bisa dicegah. Paling tidak terdapat 80-90 persen kasus kanker paru-paru yang berhubungan dengan kebiasaan merokok.Pada tahap awal, tidak ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang jelas. Tapi kemudian gejala seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan,dan penurunan berat badan akan muncul.

Di seluruh dunia setiap 30 detik, 1 orang meninggal akibat kanker paru-paru
Menurut statistik, kanker paru-paru adalah salah satu kanker yang paling umum di seluruh dunia, dengan tingkat kematian yang tinggi. di seluruh Dunia setiap 30 detik seseorang meninggal karena kanker paru-paru, terdapat 1,2 juta kasus baru setiap tahun. Hal ini dimengerti bahwa pada tahun 2010, di Indonesia jumlah perokok laki-laki dewasa sebesar 66% dari jumlah keseluruhan, di samping itu lebih dari 9.700 ribu rokok digunakan. ini adalah permasalahan di Indonesia yang disebabkan oleh tembakau yang berdampak pada tumbuhnya sel kanker paru-paru.

Kanker paru-paru umunya mengacu pada kanker di bagian parenkim, yaitu tumor ganas dari sel epitel bronkus atau bronkiolus, yang merupakan 90-95% dari tumor ganas dari parenkim paru-paru. Pada tahap awal, kanker paru-paru tidak menyebabkan gejala apapun. Gejala akan muncul ketika perkembangan kanker telah mencapai suatu tahap tertentu.
Baca Juga : Obat Flek Paru Paru Tradisional

Gejala- gejala utama yang akan dialami penderita kanker paru-paru yaitu ;

  1. Jangan remehkan batuk
    Siapa saja bisa mengalami batuk, karena penyakit ini wajar dialami oleh banyak orang. Namun batuk bisa akan hilang dalam hitungan hari. Jika batuk terus bertahan lebih dari satu minggu dan seringkali muncul saat udara dingin, sebaiknya waspada. Itu bisa jadi berkaitan dengan penyakit paru-paru atau gejala awal kanker paru-paru
  2. Dahak disertai darah
    Karena penampakan tumor pada pembuluh darah bermacam-macam, dapat menyebabkan tenggorokan menjadi terluka bahkan pecahnya pembuluh darah, sehingga menimbulkan gejala dahak berdarah. Dahak disertai darah biasanya muncul pada tahap stadium awal dan lanjut, darah berwarna merah segar atau disertai dengan buih-buih, gejala ini biasa muncul sesekali atau tidak terus menerus. Situasi seperti ini banyak ditemui pada kanker paru stadium menengah ke atas.
  3. Suara serak
    Suara serak merupakan gejala awal yang khas dari kanker paru, alasannya adalah karena tumor telah menyerang atau menekan sebagian besar saraf pita suara, gejala ini sering ditemukan, perkembangannya cepat, pada beberapa pasien bahkan dapat kehilangan suaranya. Selain itu, sebagian besar pasien juga merasakan nyeri pada bagian dada, beristirahat atau melakukan anti-inflamasi selama lebih dari 2 minggu pun belum tentu efektif. Jadi, jika anda mengalami gejala suara serak seperti di atas, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan.
  4. Demam
    Biasanya, pada kasus kanker paru sentral, ketika tumor sudah tumbuh dan berkembang hingga menyumbat setengah atau seluruh bagian lumen akan muncul pneumonia onstruktif, yang akan menyebabkan demam sekitar 38℃, tetapi dapat diatasi dengan anti-inflamasi. Namun jika lesi penyumbatan tidak segera diatasi, dapat dengan cepat menyebabkan pneumonia yang lebih parah lagi, dan menimbulkan pneumonia berulang. Sehingga, saat anda sudah mengalami pneumonia berulang yang tak kunjung terobati, tidak menutup kemungkinan dapat menjadi kanker paru.
  5. Pernafasan Berbunyi
    Biasanya dapat timbul gejala pernafasan berbunyi secara sepihak, gejala ini akan semakin nyata pada saar pasien menarik nafas, di mana setelah batuk, fenomena ini tidak kunjung hilang. Tetapi gejala ini umumnya hanya terjadi sesaat, sehingga mudah diabaikan.
  6. Pucat
    Penampakan luar pasien kanker paru umumnya pucat dan tidak cerah. Pada pipi biasanya dapat timbul gejala kemerahan atau keunguan pada pasien, merah merona seperti menggunakan make up, pola cakar kepiting, gelap, kulit bercorak dan lain-lain, fenomena pada kedua pipi ini yang biasanya terlihat lebih nyata, gejala-gejala ini juga bisa bertambah parah seiring dengan bertambah parahnya penyakit. 
Kanker paru-paru termasuk penyakit yang berbahaya, oleh sebab itu hendaknya sedapat mungkin diketahui ciri dan gejalanya dari awal untuk segera mendapatkan perawatan. Penyakit ini termasuk mematikan dan mengancam jiwa. Terdapat dua jenis, yaitu primer dan sekunder.

Itulah 6 Gejala Penyakit Kanker Paru Paru Yang Wajib Di Waspadai. Gejala tersebut terlihat biasa dan bisa disalahartikan sebagai penyakit lain. Namun Anda harus waspada. Mengetahui gejala awal tersebut bisa menyelamatkan nyawa Anda atau nyawa orang yang Anda cintai.
Blog, Updated at: 6:55 PM